5 Ideas Mengelola Keuangan Di Usia 20

FYI, mempersiapkan dana pensiun tidak hanya dilakukan oleh mereka yang akan merampungkan masa berkarirnya saja lho. Fresh graduate pun seharusnya sudah merencanakan sejak usia muda. Sobat Finansialku, dalam hidup ini banyak yang harus kita persiapkan untuk menyambut masa depan. Kebebasan finansial bukan sesuatu yang mustahil didapatkan sebelum usiamu 30 tahun. Banyaklah membaca tentang pola pikir atau kebiasaan yang dimiliki oleh orang-orang kaya.

Baru setelah itu anda dapat memyisihkan investasi berdasarkan tujuan keungan yang hendak dicapai. Hanya saja, pastikan kita memilih instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan dan risiko investasinya. Untuk penjelasan lengkapnya, simak cara investasi yang benar agar untung maksimal di sini. Namun, hal ini justru akan membuat kita lebih sulit mencapai one hundred juta pertama, karena jumlahnya suka tidak menentu. Yang terpenting untuk mewujudkan bebas finansial sejak dini adalah mengatur gaya hidup dan pengeluaran sesederhana mungkin. Berasal dari konsep Value-based budgeting, maksudnya alokasi dibentuk dari satu tujuan hidup yang sedang ingin diraih oleh seseorang.

MEndapatkan Gaji di usia yang muda

Dari beberapa poin yang sudah disebutkan di atas, poin ini merupakan yang terbaik, yaitu persiapan untuk masa depan yang lebih baik. Dengan memiliki tabungan, uang diputar dan kamu bisa memiliki keuntungan dari sana. Kamu bisa mencoba menabung dengan risiko yang rendah, seperti menabung emas. Setelah menabung kamu akan mengerti dan paham mengatur keuangan sendiri.

Setiap jenjang usia punya kebutuhan dan tuntutan finansial yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pemilihan produk investasi harus cermat dilakukan sesuai dengan usia dan kebutuhan. Lambat laun produk investasi kamu akan mengalami peningkatan harga jual. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menambah aset berupa rumah ataupun mobil ketika sudah pada tahap yang cukup.

Semoga dengan melakukan hal tersebut kamu bisa menapaki hidup yang lebih tertata dan membawa banyak manfaat bagi diri dan sesama, ya. Kamu bisa menjalankan usahamu viaonlinesehingga bisa kamu kerjakan di sela-sela kesibukan pekerjaan kantoranmu. Saat sudah benar-benar menghasilkan, barulah kamu bisa keluar dari pekerjaan rutinmu dan fokus ke bisnis yang ingin kamu rintis. Menghindari menggunakan kartu kredit sama dengan menghindari hutang dan bunga yang berlipat ganda.

Bila memanfaatkan KPR pun, Anda tetap harus menyiapkan kebutuhan uang muka yang juga tidak kecil. Ditambah lagi harus siap dengan komitmen pembayaran cicilan selama bertahun-tahun. Tapi, walau terkesan berat, membeli rumah pertama juga bisa dinilai sebagai pencapaian besar Anda sejak mulai produktif finansial. Seiring waktu, nilai rumah yang Anda beli juga akan terus meningkat.