Peran Manajer Bisnis Dalam Kesuksesan Bisnis

Sistem Informasi Manajemen memiliki manfaat dalam mendukung fungsi manajemen, operasional serta pengambilan suatu keputusan. Menurut pendapat dari Nash dan Robert, manajemen sistem informasi merupakan suatu kombinasi dari consumer atau orang, teknologi, media, prosedur, serta juga pengendalian yang mempunyai tujuan tertentu. Banyak dari kita mengeluh sibuk dan telah melakukan banyak hal namun target pekerjaan tidak tercapai. Satu hal yang bisa kita evaluasi adalah bagaimana kita mengelola dan mengatur pekerjaan kita. Bisa jadi kita sibuk dengan pekerjaan yang sebenarnya tidak berkolerasi dengan pencapaian tugas utama. Sibuk dengan aktivitas yagn tidak penting dan tidak mendesak, menandakan kita tidak bijak.

Pentingnya manager pada suatu perusahaan

Ini melibatkan mengalokasikan sumber daya karyawan dan mendelegasikan tanggung jawab, serta menetapkan jadwal dan standar penyelesaian yang realistis. Manajer, tugasnya memimpin seluruh karyawan yang termasuk dalam bidangnya. Manajer terbagi-bagi menjadi beberapa bagian tergantung dari kebutuhan perusahaan, misalnya Manajer Keuangan, Manajer Operasional, dll. Seorang manajer adalah apa yang dilakukan manajer, dan manajer tentu saja melakukan banyak hal yang berbeda.

Kualitas produk yang dihasilkan perusahaan harus dipastikan baik oleh sistem yang ada dalam manajemen operasional. Tim manajemen harus mengontrol dan memastikan produk barang dan jasa tidak ada cacatnya. Apabila ada cacat pada produk yang dihasilkan, tim harus segera bertindak untuk memperbaikinya. Untuk mencapai hal ini berarti manajemen operasional harus mampu meningkatkan pemanfaatan sumber daya perusahaan. Manajemen harus membuat perencanaan, mengontrol semua kegiatan, dan memastikan semua sumber daya digunakan secara efisien.

Direktur pembelian, berkaitan dengan fungsi pembelian, keahlian menelaah penjualan, menjalin hubungan yang baik dari provider hingga distributor, dan koordinasi kegiatan operasi perusahaan. Mempunyai tujuan mengontrol waktu proses produksi seminimal mungkin, dikenal juga dengan lowered processing time. Memiliki tujuan meningkatkan kualitas perusahaan, atau dikenal juga dengan quality. Mempunyai tujuan meningkatkan produktivitas perusahaan, atau dikenal juga dengan productivity. Para pekerja tersebut di bawah pengawasan manajer operasi hingga dapat bekerja sesuai porsi yang diberikan dalam suasana mendukung. Manajemen operasional erat kaitannya dengan teknologi yang dimiliki perusahaan.

Manajemen ini harus dapat memastikan keuangan perusahaan digunakan sesuai rencana dan tidak keluar jalur. Keuangan tersebut harus benar-benar digunakan untuk produksi barang dan jasa yang berkualitas. Niat baik disini berarti tujuan perusahaan dalam menjalankan usahanya untuk memberi kepuasan pada pelanggan.

Setelah memahami pembahasan sebelumnya, dapat diambil kesimpulan bahwa manajemen operasional adalah sistem yang penting dalam perusahaan. Jadi keefektifitasan dan efisiensi manajemen operasional berdampak besar pada perusahaan. Sistem pada manajemen ini memiliki peran untuk membuat produk yang dihasilkan sesuai standar operasi yang telah ditentukan.

Pengertian dari Human Resources Management itu sendiri adalah suatu cara yang dibuat untuk mengatur sumber daya yang ada di dalam perusahaan. Sistem tersebut diciptakan untuk memaksimalkan setiap individu secara efektif, sehingga tujuan bersama dapat tercapai. Tujuan yang pertama adalah sebagai salah satu sarana untuk mencapai tujuan yang telah dibuat. Selama para manajer tidak menyadari apa yang dikerjakan atau apa yang diharapkan untuk dilakukan dari karyawan, waktu dan tenaga yang dialokasikan untuk melakukan analisis jabatan menjadi sia-sia.