Indonesia Perlu Ubah Ekspor Barang Mentah Ke Barang Jadi

Salah satu merek yang biasanya diekspor antara lain yakni Edward Forrer yang merupakan perusahaan alas kaki dan tas yang berasal dari Indonesia. Komoditi kunci utama untuk kategori satu ini antara lain bubur kayu, kayu lapis, kertas, veneer, mebel, proses pembentukan, serta penyambungan kayu. Bahkan Indonesia sempat memiliki rencana untuk mengandalkan produksi sawit hingga tahun 2030. Kenyataannya memang minyak kelapa sawit menjadi industri makanan yang kebanyakan diekspor ke banyak negara misalnya negara Belanda dan Nigeria.

Ekspor barang

Letak geografis Indonesia yang berada di jalur perdagangan internasional dengan diapit dua benua dan dua samudera memberikan banyak keuntungan. Kondisi alam Indonesia juga mendukung untuk berbagai jenis flora dengan kualitas yang baik. Pemberitahuan pabean ekspor adalah pernyataan yang dibuat oleh orang dalam rangka melaksanakan kewajiban kepabeanan dibidang ekspor dalam bentuk tulisan di atas formulir atau data elektronik.

Misalnya dengan menghitung komponen biaya yang untuk menentukan harga jual produk, dengan menetapkan minimal order dan menetapkan Incoterms yang akan digunakan sebagai acuan harga pada bisnis ekspor (FOB/CIF/CFR). Jika pihak Bea Cukai telah menyetujui barang ekspor Anda, Anda akan mendapatkan NPE. Mulai dari sini Anda sudah bisa melakukan stuffing barang untuk dikirim ke negara tujuan. Pada proses ini Anda dapat menyikapinya dengan membuat advertising staff atau dengan membuat web site untuk memperkenalkan perusahan dan produk Anda. Selain itu, Anda dapat pula memasukkan barang atau produk Anda di e-commerce internasional atau di platform yang biasanya digunakan di negara tujuan Anda.

Banyak pula yang mengira bisnis skala UMKM identik dengan usaha kecil dan masih belum pantas untuk ekspor. Padahal UMKM yang sering dipandang kecil ini memiliki peran yang besar bagi perekonomian Indonesia. Namun untuk melakukan ekspor memang UMKM perlu memiliki legalitas dan badan usaha.

Menurut Silmy, ekspor barang industrinya yang tumbuh di tengah pandemi ini terjadi karena Indonesia bisa mengambil kesempatan dari persoalan rantai pasokan pasar besi baja di dunia. Banyak pabrik yang mengurangi kapasitasnya dengan menutup line produksi akibat pandemi,” katanya. Dokumen sangat penting karena sebagai alat pemeriksaan dan jaminan atas besarnya risiko kegiatan ekspor.

Aktivitas pengiriman barang impor yang dilakukan dengan skala besar ini membutuhkan proses pendampingan oleh bea cukai. Umumnya, pihak pemerintah akan menetapkan tarif pajak atas setiap produk impor ke masing-masing importirnya. Sertifikat ini dikeluarkan oleh perusahaan fumigasi sebagai penjelasan bahwa barang ekspor yang bersangkutan telah difumigasi sesuai standar yang berlaku.